Tautan-tautan Akses

Vietnam Berlakukan UU untuk Atasi Perubahan Iklim


Polusi udara di Hanoi, Vietnam termasuk parah dan salah satu yang terburuk di dunia (foto: dok).

Vietnam telah mengajukan rancangan undang-undang untuk mendorong target pengurangan emisi gas rumah kaca sesuai dengan Perjanjian Iklim Paris, mengurangi ketergantungan negara yang sedang berkembang pesat itu pada batu bara.

Rancangan Undang-undang itu mencakup RUU Perlindungan Lingkungan Hidup dan keputusan yang dikeluarkan Kementerian Lingkungan Hidup. Bersama-sama, kedua program itu mempersiapkan Vietnam untuk mengurangi emisi gas rumah kaca.

Rancangan undang gabungan itu menggunakan empat strategi utama : pembatasan dan perdagangan, larangan bahan kimia yang dapat merusak ozon, aturan pelaporan emisi perusahaan dan database emisi serta langkah-langkah untuk menguranginya.

“Usulan ini merupakan awal yang baik, tetapi Vietnam perlu melakukan hal-hal yang lebih spesifik untuk mengubah negara ini menjadi low carbon economy atau negara yang menggunakan sedikit batu bara,” demikian menurut firma hukum Baker McKenzie yang mengeluarkan laporan yang menganalisa rancangan undang-undang tersebut. [em/ii]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG