Tautan-tautan Akses

Jeff Bezos Janjikan $10 Miliar untuk Perangi Pemanasan Global


CEO Amazon, Jeff Bezos, saat menghadiri konferensi pers the National Press Club di Washington, 19 September 2019.
CEO Amazon, Jeff Bezos, saat menghadiri konferensi pers the National Press Club di Washington, 19 September 2019.

Pendiri perusahaan raksasa Amazon, Jeff Bezos, mengatakan ia akan menyumbang $10 miliar dari kekayaannya untuk usaha meredam pemanasan global.

Orang paling kaya di dunia itu mengumumkan janjinya lewat postingan di Instagram.

“Pemanasan global adalah ancaman terbesar bagi planet kita,” tulisnya. “Saya ingin bekerja sama dengan orang lain guna meningkatkan usaha mencari cara-cara baru melawan dampak buruk perubahan iklim ini.”

Kata Bezos, program yang disebutnya Bezos Earth Fund akan mulai memberikan hibah untuk maksud itu musim panas mendatang.

Sebelum ini, sejumlah miliarder termasuk pendiri Microsoft, Bill Gates, mantan wali kota New York Michael Bloomberg, dan pemilik perusahaan saham Tom Steyer, telah memberikan dana besar untuk melawan dampak perubahan iklim.

Amazon mendapat kecaman dari para pegawainya sendiri karena tidak cukup mengusahakan perubahan iklim. Perusahaan Amazon, yang mengirim miliaran paket tiap tahun menciptakan emisi gas rumah kaca yang besar karena banyaknya pesawat terbang, truk dan mobil yang digunakannya untuk mengantarkan barang-barang konsumen itu ke seluruh dunia.

Tahun lalu, Bezos bertekad akan membuat pengecer raksasa itu netral karbon menjelang 2040. [ii/pp]

XS
SM
MD
LG