Tautan-tautan Akses

Video Anti-Virus Karya Seniman AS, Viral


Foto cuplikan adegan sebatang korek yang menjaga jarak dari korek-korek lainnya sebagai upaya meningkatkan kesadaran tentang wabah virus corona. Video itu buatan seniman Juan Delcan dan istrinya, Valentina Izaguirre, 15 Maret 2020. (Foto: @Juan_Delcan via Reuters)

Ilmuwan, dokter, wali kota, dan gubernur – semua menekankan pentingnya menjaga jarak fisik selama pandemi virus corona. Pasangan seniman Amerika Juan Delcan dan Valentina Izaguirre ikut menyampaikan pesan serupa tetapi dengan cara berbeda. Melalui video animasi singkat, mereka menjelaskan mengapa sangat penting untuk diam di rumah dalam masa sulit ini.

Video berdurasi 12 detik itu telah ditonton jutaan kali di seluruh dunia. Isinya, diperlihatkan deretan korek api. Ketika satu korek terbakar, korek di sebelahnya ikut terbakar, begitu seterusnya, sampai akhirnya ada satu korek yang keluar dari deretan itu dan reaksi berantai tersebut spontan berhenti.

Animasi itu terbukti lebih efektif daripada banyak peringatan yang menekankan pentingnya menjaga jarak fisik pada saat pandemi virus corona.

"Kita semua mempunyai lebih banyak waktu saat ini, tetapi tetap saja kita menginginkan sesuatu yang instan. Video ini 12 detik," kata Juan Delcan yang memproduksi video itu bersama istrinya.

Delcan dan istrinya bolak-balik antara New York dan Los Angeles. Sekitar setahun lalu, pasangan itu mulai membuat video animasi pendek dengan korek api sebagai karakter utama.

Video yang viral itu bukan proyek utama pasangan tersebut, tetapi menyenangkan.[ka/pp]

XS
SM
MD
LG