Tautan-tautan Akses

Venezuela Tahan 6 Eksekutif Amerika


Logo perusahaan minyak milik negara PDVSA dan Citgo Petroleum Corp di Caracas, Venezuel, 30 April 2018.

Polisi Venezuela telah menangkap enam eksekutif perusahaan minyak warga negara Amerika yang selama ini dikenakan tahanan rumah. Penangkapan itu terjadi beberapa jam setelah Presiden AS Donald Trump bertemu dengan pemimpin oposisi Juan Guaido di Washington.

Anggota keluarga dari keenam eksekutif Citgo itu mengatakan, mereka diciduk dari rumah mereka pada Rabu (5/2/2020) malam dan tidak tahu di mana mereka ditahan.

Elliot Abrams, utusan khusus AS untuk Venezuela, mengatakan pejabat AS menduga para eksekutif ini ditahan di penjara El Helicoide, dan ditangkap oleh agen-agen intelijen Venezuela. Katanya, penahanan mereka terjadi tidak lama setelah Trump melakukan pembicaraan dengan Guaido, dan ini mencurigakan.

“Kami mengecam tindakan kejam dan tidak bisa diterima ini, serta menuntut agar penahanan mereka yang sudah berlangsung lama diakhiri, dan mereka diizinkan meninggalkan Venezuela,” kata Abrams.

“Kami mendesak rezim di Venezuela untuk membebaskan tanpa syarat semua orang-orang yang ditahan, termasuk para deputi Dewan Nasional.”

Tidak ada komentar sejauh ini dari pejabat Venezuela.

Citgo adalah perusahaan minyak milik Venezuela yang kantor pusat dan penyulingan minyaknya yang utama ada di Texas.

Polisi menangkap para eksekutif ini pada November 2017 dan menuduh mereka melakukan penggelapan, pencucian uang, dan korupsi. Pengadilan Venezuela memerintahkan agar mereka dikenakan tahanan rumah sambil menunggu sidang.

Citgo mengatakan, para eksekutif ini adalah tahanan politik dan hak-hak asasi mereka dilanggar.

Keluarga mereka telah minta bantuan Departemen Luar Negeri dan juga bertemu dengan Wakil Presiden Mike Pence tahun lalu.

Tidak jelas apakah Trump dan Guaido membicarakan nasib para eksekutif ini selama pertemuan mereka baru-baru ini. [jm/pp]

XS
SM
MD
LG