Tautan-tautan Akses

PM Kanada Akan Sambut Pemimpin Oposisi Venezuela


Pemimpin oposisi Venezuela, Presiden sementara Juan Guaido saat memberikan pidato pembuka di pertemuan Grup Lima di Ottawa, Ontario, Canada, 4 Februari 2019. (Foto: Reuters)

Pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido akan mengunjungi Kanada, Senin (27/1/2020) sebagai bagian dari tur internasional yang bertujuan menggalang dukungan bagi upayanya menantang pemimpin sosialis Nicolas Maduro.

Kantor Perdana Menteri Justin Trudeau mengatakan bahwa dia dan para menteri Kabinet senior akan bertemu dengan Guaido, yang lawatannya melanggar larangan perjalanan yang diterapkan Mahkamah Agung Venezuela yang pro Maduro.

''Saya puji Presiden sementara Guaido atas keberanian dan kepemimpinan yang dia tunjukkan dalam upayanya mengembalikan demokrasi ke Venezuela, dan saya tawarkan dukungan Kanada," kata Trudeeau dalam pernyataan.

Kanada adalah satu dari lebih dari 50 negara yang mengakui Guaido _ kepala Kongres Venezuela - sebagai presiden sementara tahun lalu atas dasar bahwa pemilihan kembali Maduro tidak sah.

Kanada juga telah menerapkan sanksi terhadap para pejabat pemerintahan Maduro dan telah bergabung dengan lima negara lain untuk mengajukan Maduro ke Mahkamah Kriminal Internasional.

Meski Guaido dapat banyak dukungan internasional, Maduro tetap memegang kontrol atas berbagai aspek pemerintahan di Venezuela. [vm/ft]

XS
SM
MD
LG