Tautan-tautan Akses

Utusan PBB Tiba di Yaman untuk Bahas Gencatan Senjata 


Utusan PBB untuk Yaman, Martin Griffiths
Utusan PBB untuk Yaman, Martin Griffiths

Utusan PBB Martin Griffiths hari Minggu (17/2) tiba di ibukota, Sanaa, untuk membahas “situasi pelik” di dan sekitar kota pelabuhan utama Hodeida, kata pejabat keamanan Yaman.

Pemberontak Houthi mengatakan pemimpin mereka, Abdul-Malek al-Houthi, bertemu dengan Griffiths untuk membahas implementasi kesepakatan perdamaian dari pembicaraan Desember dengan pemerintah Yaman yang diakui secara internasional.

Di Swedia pada bulan Desember, kedua belah pihak sepakat untuk langkah-langkah membangun kepercayaan, termasuk gencatan senjata di Hodeida dan pertukaran ribuan tahanan. Tetapi implementasi kesepakatan-kesepakatan itu lambat dan dicemari oleh kekerasan.

Secara terpisah, pejabat keamanan Yaman mengatakan pertarungan antara pemberontak Houthi dan pejuang suku di provinsi Hajjah telah menewaskan lebih dari 85 pejuang dalam dua hari terakhir.

Para pejabat itu mengatakan pertempuran selama berminggu-minggu telah membuat puluhan keluarga suku Hajour kehilangan tempat tinggal di distrik Kushar di Hajjah.

Mereka mengatakan suku itu meminta bantuan dari koalisi pimpinan Saudi yang mendukung pemerintah yang diakui secara internasional dalam perang melawan kaum Houthi. Koalisi membom para pemberontak yang mengepung distrik itu, kata para pejabat yang berbicara secara anonim karena mereka tidak berwenang untuk memberi keterangan kepada wartawan. (as)

XS
SM
MD
LG