Tautan-tautan Akses

Unjuk Simpati Terhadap Migran di Yunani, Aktivis Jerman Gelar Protes Kursi


Aktivis Jerman menempatkan kursi sebanyak 13.000 di depan gedung Reichstag, kursi majelis rendah parlemen Jerman Bundestag di Berlin, Jerman, 7 September 2020, dalam aksi untuk menyerukan evakuasi kamp pengungsi Moria di pulau Lesbos, Yunani. (Foto: Tobias SCHWARZ / AFP)

Sejumlah aktivis HAM menempatkan ribuan kursi di luar gedung parlemen Jerman di Berlin, Senin (7/9), untuk menegaskan seruan mereka agar pemerintah menampung lebih banyak migran dari sebuah kamp yang luar biasa padat di sebuah pulau di Yunani.

Sekitar 13.000 kursi yang ditempatkan di depan gedung Reichstag itu ditujukan untuk mencerminkan jumlah penghuni kamp Moria di pulau Lesbos, Yunani, dan kesiapan sejumlah kota dan negara bagian di Jerman untuk menampung para migran itu.

Aktivis menata kursi di 'Platz der Republik' di depan gedung Reichstag, di Berlin, Jerman, sebagai bagian dari hari aksi anti-rasis nasional, Senin, 7 September 2020.
Aktivis menata kursi di 'Platz der Republik' di depan gedung Reichstag, di Berlin, Jerman, sebagai bagian dari hari aksi anti-rasis nasional, Senin, 7 September 2020.


Para aktivis penyelamat migran di laut yang mendukung aksi Senin itu mengatakan, kasus virus corona yang dikukuhkan di Moria menambah pentingnya seruan untuk melakukan evakuasi terhadap kamp itu.

Pihak berwenang Yunani pekan lalu memberlakukan karantina 14 hari di Moria setelah seorang pria yang tinggal di sebuah tenda di luar pagar kamp terbukti positif tertular virus corona. Hingga 31 Agustus, kamp Moria menampung 12.714 orang, beberapa kali lipat daripada kapasitas tampungnya yang hanya 2.757 orang.

Pemerintah federal Jerman setuju untuk menampung 243 anak dari kamp-kamp di Yunani yang membutuhkan perawatan medis, serta kerabat terdekat mereka. Sejauh ini, 99 anak telah tiba. Jerman juga menampung 53 anak dari kamp-kamp itu yang bermigrasi ke Eropa tanpa ditemani keluarga mereka. Meski demikian, banyak aktivis HAM menilai, Jerman sebetulnya mampu menampung lebih banyak migran daripada jumlah yang ditetapkan akan ditampung sebelumnya. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG