Tautan-tautan Akses

UE, Inggris akan Rundingkan Hubungan Baru Pasca Proses Brexit


Bendera negara-negara anggota Uni Eropa di luar markas besar kelompok ekonomi tersebut di Brussels, Belgia, 14 Desember 2016. (REUTERS/Yves Herman)

Kelompok terbesar parlemen Eropa mengatakan bahwa tidak akan mungkin merundingkan proses keluarnya Inggris dari Uni Eropa dan hubungan baru pada waktu yang bersamaan, dan mengingatkan bahwa perundingan dua tahun itu akan terlalu singkat untuk merampungkan penyelesaian sepenuhnya Brexit.

Manfred Weber, ketua kelompok Kristen Demokrat EPP, menyebutnya “seperti misi yang mustahil” yang dipersulit oleh hilangnya waktu sembilan bulan sejak rakyat Inggris memilih untuk keluar tanggal 23 Juni tahun lalu. Inggris akan resmi memulai perundingan pengunduran diri hari Rabu.

Para pejabat Uni Eropa berkeras agar persyaratan pemisahan harus diselesaikan sebelum pembicaraan mengenai hubungan baru dengan Inggris dapat dimulai.

Weber mengatakan setiap persetujuan perdagangan dengan negara-negara ketiga biasanya memakan waktu bertahun-tahun untuk merampungkannya.

Parlemen Eropa harus menyetujui setiap persetujuan Brexit. [gp]

XS
SM
MD
LG