Tautan-tautan Akses

Peringati 60 Tahun Uni Eropa, Sejumlah Demonstran Inggris Serukan Parlemen Untuk Lindungi Hak-Hak Warga


Bendera Inggris, Union Jack, berkibar di depan menara jam Big Ben di London, tanggal 23 Januari 2017 (foto: REUTERS/Toby Melville)

Para anggota parlemen didesak untuk melindungi hak-hak warga seiring keluarnya Inggris dari Uni Eropa sebagaimana disuarakan oleh sejumlah pengunjuk rasa asal Inggris dan Spanyol di Madrid.

Sejumlah warga Inggris dan Spanyol berunjukrasa di Madrid, mendesak para anggota parlemen untuk melindungi hak-hak warga seiring keluarnya Inggris dari Uni Eropa. Unjukrasa ini juga merupakan salah satu cara warga memperingati 60 tahun Uni Eropa.

Diantara para demonstran ada yang membawa poster dengan kata-kata “Kami Punya Hak” dan “Kami Bukan Alat Tawar.”

Peringatan hari jadi Uni Eropa ini berlangsung empat hari sebelum pemerintah Inggris berencana memulai perundingan untuk keluar dari blok 28 negara Eropa, setelah sebagian besar warga Inggris memutuskan keluar dari blok itu pada referendum 23 Juni 2016 lalu.

Ketua Perunding Inggris di Uni Eropa hari Rabu (22/3) mengatakan kegagalan mencapai perjanjian tentang Brexit – julukan bagi keputusan keluarnya Inggris dari Uni Eropa – akan membuat lebih dari empat juta warga Inggris dan Eropa merasakan ketidakpastian atas hak-hak dan masa depan mereka. [em]

XS
SM
MD
LG