Tautan-tautan Akses

Uni Eropa Balas Berlakukan Tarif terhadap Produk AS


Komisioner Perdagangan Uni Eropa, Cecilia Malmstrom berbicara di Brussels, Belgia (foto: dok).
Komisioner Perdagangan Uni Eropa, Cecilia Malmstrom berbicara di Brussels, Belgia (foto: dok).

Uni Eropa akan memberlakukan kebijakan tarif baru terhadap produk-produk asal AS mulai hari Jumat (22/6) sebagai balasan atas kebijakan tarif yang diberlakukan terhadap alumunium dan baja impor sebelumnya bulan ini. Komisi Eropa mengumumkan kebijakan barunya itu, Rabu.

Uni Eropa telah menyusun daftar produk-produk AS yang akan mulai dikenai pajak sebesar 25 persen itu.

Langkah Uni Eropa ini kemungkinan akan mengarah ke perang dagang, khususnya jika Presiden AS Donald Trump mewujudkan ancamannya untuk memberlakukan tarif terhadap mobil-mobil Eropa.

"Kami tidak ingin mengambil sikap ini. Namun, keputusan AS secara sepihak dan tidak bisa dibenarkan untuk memberlakukan tarif terhadap baja dan alumunium dari Eropa membuat kita tidak memiliki pilihan lain,“ kata Komisioner Perdagangan Uni Eropa Cecilia Malmstrom dalam sebuah pernyataan tertulis.

Komisi yang menangani bisnis harian Uni Eropa itu menyetujui UU yang akan memberlakukan pajak senilai 3,2 miliar dolar terhadap produk-produk AS, termasuk alumunium, baja, pertanian, bourbon, dan sepeda motor.

Malmstrom mengatakan, tanggapan Uni Eropa ini sejalan dengan peraturan Organisasi Perdagangan Dunia, dan mengatakan bahwa kebijakan tarif itu akan dibatalkan jika AS membatalkan tarif logam impor, yang bernilai 7,41 miliar dolar. [ab/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG