Tautan-tautan Akses

Menlu Kanada Bertemu Senator AS Bahas Sengketa Dagang


Menteri Luar Negeri Kanada Chrystia Freeland berbicara dengan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, sebelum pertemuan antara kedua pejabat di Departemen Luar Negeri, di Washington, 11 Mei 2018.

Menteri Luar Negeri Kanada Chrystia Freeland bertemu dengan sejumlah senator Amerika, Rabu (13/6/2018) untuk mendinginkan perang dagang yang dipicu oleh pengenaan bea impor oleh Amerika atas baja dan aluminium buatan Kanada.

Freeland mengadakan pertemuan tertutup dengan Ketua Komisi Hubungan Luar Negeri Senat Bob Corker dan beberapa senator lainnya untuk memperbaiki hubungan setelah presiden Donald Trump menggunakan alasan “keamanan nasional” untuk mengenakan kebijakan bea impor itu.

Freeland mengatakan kepada wartawan setelah pertemuan yang berlangsung satu jam bahwa menggunakan alasan “keamanan nasional” yang tertulis dalam Pasal 232 Undang-undang Perdagangan Amerika untuk mengenakan bea impor itu adalah “hal yang absurd”.

“Saya kira rakyat amerika tahu bahwa bukan itu alasannya,” kata Freeland.

Freeland sering berkunjung ke Amerika belakangan ini karena Kanada, Amerika dan Meksiko sedang berunding untuk memperbaiki perjanjian perdagangan bebas Amerika Utara atau NAFTA.

Kata Menteri Chrystia Freeland, Kanada sudah siap untuk melancarkan “tindakan balasan yang terukur,” dan mengenakan tarip yang sama jumlahnya dengan tarip yang dikenakan Amerika.

Freeland juga mengatakan, pemerintah Amerika harus mencabut tarip-tarip yang tidak adil itu yang dikenakan atas Kanada dan sekutu-sekutu Amerika lainnya. [ii]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG