Tautan-tautan Akses

Uni Eropa akan Balas Kebijakan Tarif Baru AS


Wakil Presiden Komisi Eropa Maros Sefcovic berbicara di markas Uni Eropa di Brussels, Belgia (foto: dok).
Wakil Presiden Komisi Eropa Maros Sefcovic berbicara di markas Uni Eropa di Brussels, Belgia (foto: dok).

Uni Eropa menyatakan akan mulai memberlakukan serangkaian tarif baru bagi produk-produk impor dari Amerika Juli mendatang. Langkah Uni Eropa ini merupakan tanggapan terhadap kebijakan tarif baru yang diberlakukan AS terhadap baja dan alumunium impor asal Uni Eropa.

Wakil Presiden Komisi Eropa Maros Sefcovic mengumumkan rencana pemberlakuan tarif itu pada sebuah konferensi pers di Brussels.

Sefcovic dikutip mengatakan, “Ini merupakan tanggapan terukur dan sepadan terhadap keputusan sepihak dan ilegal yang diambil AS, yakni pemberlakuan tarif terhadap baja dan aluminium yang diekspor Eropa.”

Uni Eropa telah menyusun daftar produk yang akan dikenai pajak impor baru, termasuk jin denim, sepeda motor, dan minuman wiski yang bernilai lebih dari 3 miliar dolar.

Tarif baru itu merupakan pembalasan terhadap keputusan Presiden AS Donald Trump baru-baru ini menetapkan tarif 25 persen untuk baja dan 10 persen untuk aluminum.

Sengketa dagang diperkirakan akan mendominasi KTT G-7 selama dua hari yang dimulai hari Jumat (8/6) di Quebec, Kanada. [ab/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG