Tautan-tautan Akses

Uni Eropa akan Ambil Tindakan Jika AS Kenakan Tarif Mobil Impor


Kanselir Jerman Angela Merkel (kiri) saat bertemu Presiden AS Donald Trump di sela KTT G20 di Buenos Aires, Argentina (foto: dok).

Uni Eropa menjanjikan respons cepat dan efektif jika Amerika Serikat mengenakan bea impor terhadap mobil-mobil Eropa, kata juru bicara Komisi Eropa, Senin (18/2).

Brussels mengeluarkan ancaman tersebut setelah Departemen Perdagangan AS mengajukan laporan yang mendukung Presiden Donald Trump untuk menerapkan bea mobil dalam 90 hari ke depan.

Kanselir Jerman Angela Merkel menyebutnya prospek yang "menakutkan" bahwa laporan ini dapat mencap impor mobil Eropa sebagai ancaman keamanan nasional bagi Amerika Serikat, sehingga memungkinkan pemberlakuan tarif.

Gedung Putih telah menggunakan argumen keamanan nasional, dengan mengatakan bahwa rongrongan terhadap sektor manufaktur Amerika merusak kesiapan militer, satu di antara sejumlah klaim, untuk mengenakan tarif tinggi atas impor baja dan aluminium.

Trump yang proteksionis telah mengancam tarif 25 persen atas mobil-mobil Eropa, terutama dari Jerman, yang katanya telah merusak industri mobil Amerika.

Para pejabat Eropa mengatakan bahwa Brussels telah menyusun daftar barang senilai 20 miliar euro ($22,6 miliar) yang berpotensi dikenai bea sebagai tindakan balasan, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

China menuduh AS berusaha menghambat pengembangan teknologinya. (as)

Recommended

XS
SM
MD
LG