Tautan-tautan Akses

Uni Eropa Siap Balas Jika AS Terapkan Tarif Impor Mobil


Perwakilan Perdagangan AS Robert Lighthizer dan Komisioner Perdagangan Eropa, Cecilia Malmstrom dalam pertemuan di Brussels, Belgium, 10 Maret 2018.

Uni Eropa akan melakukan pembalasan kalau pemerintahan Trump memutuskan untuk memberlakukan tarif impor mobil, kata Komisioner Perdagangan Eropa, Cecilia Malmstrom.

“Tarif ini merusak, tidak hanya untuk ekonomi Eropa tetapi untuk ekonomi Amerika,” kata Malmstrom, Rabu (14/11), di Washington setelah bertemu dengan Wakil Perdagangan Amerika Robert Lighthizer.

Kedua pihak berusaha mengatasi pertikaian seputar bea impor mobil yang hendak diberlakukan Trump, selain tarif yang sudah diberlakukan terhadap impor baja dan aluminium.

Malmstrom mengatakan, Uni Eropa mempersiapkan sebuah daftar barang Amerika yang akan dikenakan tarif dengan nilai setara. Dia tidak merinci produk Amerika apa saja yang jadi sasaran tarif, katanya, daftar itu masih sedang dikaji.

Setelah Amerika memberlakukan tarif atas baja dan aluminium dari Eropa, Uni Eropa membalas dengan tarif senilai $3,4 miliar terhadap produk Amerika, mulai dari whiskey dan sepeda motor sampai kacang dan cranberry.

Kata Malmstrom, pertemuannya dengan Lighthizer dipusatkan pada cara-cara untuk menurunkan rintangan perdagangan dan memberdayakan negara Uni Eropa mengimpor lebih banyak produk Amerika seperti kedelai dan LNG. [jm]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG