Tautan-tautan Akses

Ukraina Perpanjang 25 Tahun Pangkalan Rusia di Laut Hitam


Wakil PM Ukraina mendukung keputusan Presiden Yanukovych soal perpanjangan pangkalan Rusia itu.

Wakil Perdana Menteri Ukraina Serhiy Tihipko mengatakan ia mendukung keputusan Presiden Viktor Yanukovych pekan ini untuk mengizinkan perpanjangan 25-tahun pangkalan angkatan laut Rusia di Laut Hitam sebagai imbalan potongan harga atas impor gas alam dari Rusia.

Mantan calon presiden itu mengatakan kepada VOA di Washington hari Jumat bahwa kompromi diperlukan untuk menghindarkan harga gas yang sangat tinggi yang telah berakibat buruk terhadap ekonomi Ukraina.

Tihipko mengatakan persetujuan gas Ukraina sebelumnya dengan Rusia menempatkan Yanukovych dalam keadaan sulit dengan meningkatkan banyak hutang negara.

Berdasarkan persetujuan baru ini, Rusia akan memotong $ 100 harga gasnya untuk Ukraina untuk setiap 1.000 meter kubik, kalau harga patokan gas $ 330 ke atas per 1000 meter kubik. Kalau harga lebih rendah, Rusia berjanji memberi Ukraina potongan harga 30 persen.

Sebagai imbalan, Ukraina akan memperpanjang sewa pangkalan angkatan laut Rusia di pelabuhan Ukraina, Sevastopol, sampai tahun 2042.

XS
SM
MD
LG