Tautan-tautan Akses

Sidang Parlemen Ukraina Rusuh, Anggota Lempar Telur


Sebagian anggota parlemen menentang perpanjangan sewa pangkalan angkatan laut bagi Rusia.

Aksi lempar telur mewarnai sebuah sidang di parlemen Ukraina. Kekacauan pecah ketika parlemen meratifikasi perpanjangan sewa pangkalan angkatan laut di kota pelabuhan Sevastopol bagi Rusia.

Para anggota parlemen yang menentang persetujuan itu melemparkan telur terhadap Ketua Parlemen Volodymyr Lytvyn, ketika ia mengumumkan lulusnya persetujuan itu dengan 236 suara dalam parlemen yang mempunyai 450 kursi itu. Ia terpaksa berlindung dengan menggunakan payung.

Tak hanya itu, para anggota oposisi juga melemparkan bom asap yang kemudian memicu sirene kebakaran. Mereka juga menggelar bendera Ukraina yang sangat besar dan beberapa anggota parlemen berkelahi dekat bendera itu.

Ribuan orang juga mengadakan rapat umum di luar gedung parlemen untuk melakukan protes terhadap persetujuan tersebut yang mengizinkan kekuasaan Rusia atas pangkalan di Sevastopol sampai tahun 2042.

Para pendukung persetujuan itu mengatakan persetujuan tersebut baik artinya dari segi ekonomi bagi Ukraina yang terlilit defisit. Persetujuan tersebut menetapkan bahwa Ukraina memperoleh potongan harga 30 persen atas gas alam Rusia selama 10 tahun mendatang. Namun, para penentangnya menyebut hal tersebut memalukan bagi Ukraina.

XS
SM
MD
LG