Tautan-tautan Akses

Uji Vaksin Covid-19 Menjanjikan, Saham AS Melonjak


Kantor perusahaan Moderna, Inc. di Cambridge, Massachusetts, AS.

Indeks saham Amerika menguat hari Senin (18/5) setelah perusahaan bioteknologi Moderna Inc. mengatakan tes awal bakal vaksin virus corona membuahkan hasil yang menjanjikan dari sejumlah kecil sampel.

30 Saham blue chip yang dicermati di indeks rata-rata saham industri Dow Jones dan indeks S&P 500 yang lebih luas sama-sama naik sekitar 3%.

Sementara itu, saham Moderna, yang berbasis di negara bagian Massachusetts, naik lebih dari 24% menjadi 82 dolar 93 sen per saham, setelah perusahaan itu mengumumkan uji coba fase 1 bakal vaksin virus corona menunjukkan hasil yang positif untuk mencegah penularan baru.

Uji awal perusahaan itu hanya mencakup delapan pasien, tetapi Moderna mengatakan akan meluncurkan uji klinis besar pada Juli untuk menentukan apakah vaksin itu bekerja.

Moderna adalah satu dari beberapa perusahaan bioteknologi Amerika yang mengupayakan vaksin virus corona, berharap untung sangat besar bagi perusahaan yang pertama kali memasarkan secara luas vaksin yang ampuh.

Presiden Donald Trump mengatakan vaksin mungkin tersedia pada akhir tahun ini, tetapi beberapa pakar kesehatan skeptis akan jadwal itu dan menilainya tidak mungkin.

Trump mendesak negara-negara bagian di seluruh Amerika untuk membuka kembali perdagangan, meskipun jumlah korban virus corona terkemuka melampaui 90 ribu dan diperkirakan mencapai 147.000 pada awal Agustus.[ka/jm]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG