Tautan-tautan Akses

AS Setujui Tes Antigen Virus Corona dengan Hasil Cepat


Lindsey Leinbach mengambil swab untuk menguji virus corona di fasilitas pengujian One Medical yang dibangun untuk membantu dengan wabah COVID-19, di New York City, AS, 21 April 2020. (Foto: Reuters/Lucas Jackson)

Para regulator AS telah menyetujui sebuah tes virus corona jenis baru yang disebut pejabat pemerintah sebagai kunci untuk membuka kembali negara itu.

Badan Pangan dan Obat-obatan (FDA) pada Sabtu (9/5) mengumumkan otorisasi darurat untuk tes-tes antigen yang dikembangkan Quidel Corp. di San Diego.

Tes itu bisa dengan cepat mendeteksi fragmen-fragmen protein virus dalam sampel-sampel yang dikumpulkan lewat uji usap dari rongga hidung, kata FDA dalam pernyataan.

Sekarang ini, satu-satunya cara untuk mendiagnosis COVID-19 aktif adalah dengan mengetes materi virus genetika dari sampel yang diambil lewat uji usap.

Meskipun dianggap sangat akurat, test-tes itu bisa menghabiskan waktu berjam-jam dan memerlukan perangkat khusus yang mahal. Quidel mengatakan tes-tes yang diproduksinya bisa mengeluarkan hasil hanya dalam 15 menit. [vm/ft]

XS
SM
MD
LG