Tautan-tautan Akses

UE Rekomendasikan Negara Anggota Cabut Pembatasan Turis AS


Para turis mengikuti presentasi di "Grand Palais Ephemere" dengan Menara Eiffel di latar belakang di Paris, Perancis, 9 Juni 2021 (foto: ilustrasi).

Uni Eropa, Rabu (16/6) mengumumkan rekomendasi kepada negara-negara anggotanya untuk mencabut pembatasan karena COVID-19 terhadap wisatawan dari Amerika Serikat. Langkah itu berpotensi memudahkan warga AS untuk bepergian ke Eropa.

Perjalanan yang tidak esensial dari AS dan negara-negara lain dilarang di Uni Eropa sebagai tindakan pencegahan untuk mengurangi penyebaran virus yang menyebabkan COVID-19 itu. Tetapi perwakilan anggota Uni Eropa, yang bertemu di Brussels hari Rabu sepakat untuk menambahkan AS ke daftar negara-negara yang larangannya dapat dicabut.

Rekomendasi itu tidak mengikat, dan pemerintah tiap negara anggota berwewenang untuk meminta hasil tes atau catatan vaksinasi termasuk menetapkan persyaratan lainnya.

Beberapa pejabat Uni Eropa menyatakan keputusan untuk menambahkan AS ke dalam daftar itu berdasarkan percepatan proses vaksinasi di AS, di antara faktor-faktor lainnya.

Selain AS, perwakilan Uni Eropa juga menambahkan Makedonia Utara, Albania, Serbia, Lebanon, dan Taiwan ke dalam daftar perjalanan wisata. Rekomendasi itu diharapkan akan diresmikan hari Jumat (18/6) dan mulai berlaku segera.

Langkah ini merupakan bagian dari upaya pemulihan pariwisata di dalam dan luar blok kawasan tersebut. Perjalanan ke Uni Eropa semuanya ditangguhkan selama pandemi, menyebabkan negara-negara yang bergantung pada pariwisata menderita. Pekan lalu, Uni Eropa menyetujui sertifikat digital COVID-19 untuk digunakan sejumlah warga dari negara-negara yang sepenuhnya divaksinasi dalam perjalanan di antara 27 negara anggota Uni Eropa. [mg/lt]

Recommended

XS
SM
MD
LG