Tautan-tautan Akses

Jerman Perkenalkan Sertifikat Vaksinasi "CovPass" Digital


Jerman memperkenalkan sertifikat vaksinasi COVID-19 digital (foto: dok).

Para pejabat urusan kesehatan di Jerman pada hari Kamis (10/6) memperkenalkan sertifikat vaksinasi COVID-19 digital versi negara itu, sebuah aplikasi ponsel pintar yang akan memungkinkan warga Jerman yang telah divaksinasi penuh membuktikan status mereka secara sederhana.

Berbicara kepada para wartawan di Berlin, Menteri Kesehatan Jerman Jens Spahn mengatakan warga Jerman yang telah divaksinasi lengkap dapat menggunakan aplikasi yang dikenal sebagai CovPass itu di ponsel pintar mereka untuk memberi mereka akses ke restoran, museum, atau tempat-tempat lain yang memerlukan bukti vaksinasi.

Menteri Kesehatan itu mengatakan orang yang divaksinasi akan menerima sertifikat melalui surat atau email untuk diunggah ke aplikasi tersebut. Bukti vaksinasi itu diberikan secara surut. Dia mengatakan akan membutuhkan waktu untuk mengeluarkan semuanya, tetapi dia mengatakan sertifikat dan aplikasi tersebut harus tersedia untuk semua orang di Jerman yang telah divaksinasi penuh pada akhir Juni.

Spahn mengatakan kertas kuning sertifikat vaksinasi yang dikeluarkan WHO juga akan tetap dihormati. Namun dia mengatakan idenya adalah menggunakan aplikasi yang kompatibel dengan aplikasi serupa dengan yang diperkenalkan di negara-negara lain di Eropa. “Tujuannya agar sertifikat vaksinasi digital ini bisa dibaca di Helsinki, Amsterdam atau di Mallorca dan dengan itu, kami sebagai Uni Eropa sedang menetapkan standar, yang sejauh ini lintas negara belum ada di dunia.”

Parlemen Eropa pada hari Rabu menyetujui langkah yang menetapkan sertifikat COVID-19 digital yang memungkinkan perjalanan ke seluruh blok itu bagi mereka yang telah sepenuhnya divaksinasi. [lt/em]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG