Tautan-tautan Akses

Turki Tahan 42 Orang, Dituduh Terkait dengan Ulama Berbasis AS


Universitas Bogazici, Turki (Foto: dok). Dosen terkemuka Universitas Bogazici yang juga pengkritik pemerintah, Koray Caliskan, dan 19 profesor dari fakultas kedokteran Medeniyat termasuk di antara yang ditahan pihak berwenang Turki, Senin (10/7), atas tuduhan terkait ulama Fethullah Gulen.

Kantor berita resmi Turki mengatakan polisi telah menahan 42 orang, termasuk beberapa dosen, atas kaitan mereka yang dituduhkan dengan seorang ulama Muslim yang berbasis di Amerika kurang dari seminggu sebelum genapnya satu tahun kudeta yang gagal itu.

Kantor berita Anadolu mengatakan operasi hari Senin itu ditujukan terhadap orang-orang yang bekerja di Universitas Bogazici dan Medeniyet Turki. Dosen terkemuka Universitas Bogazici yang juga pengkritik pemerintah, Koray Caliskan, dan 19 profesor dari fakultas kedokteran Medeniyat termasuk di antara yang ditahan.

Turki menuduh ulama Fethullah Gulen sebagai otak usaha kudeta tanggal 15 Juli itu dan telah menangkap lebih dari 50 ribu orang atas kaitan yang dituduhkan dengan kelompok-kelompok teror. Gulen membantah tuduhan tersebut.

Anadolu mengatakan para tersangka sedang diselidiki atas penggunaan aplikasi pesan rahasia telepon pintar dan berkomunikasi dengan para “imam” bawah tanah dalam jaringan Gulen.

Surat penahanan telah dikeluarkan bagi 30 orang lagi, menurut kantor berita itu. [gp]

XS
SM
MD
LG