Tautan-tautan Akses

Puluhan Ribu Orang di Istanbul Protes Erdogan


Demonstran mengibarkan bendera Turki dalam sebuah demonstrasi untuk menandai berakhirnya demonstrasi pemimpin utama partai Republikan People's Party (CHP) Kemal Kilicdaroglu selama 25 hari, yang dijuluki "Justice March", melawan penahanan anggota parlemen partai tersebut Enis Berberoglu, di Istanbul, Juli 9, 2017.

Puluhan ribu orang berkumpul di Istanbul hari Minggu untuk memprotes aksi penindakan tegas Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan terhadap para pengkritik pemerintahannya pasca upaya kudeta militer tahun lalu. Para demonstran berteriak “Hak, Hukum, Keadilan” untuk mendukung pemimpin oposisi utama, Kemal Kilicdaroglu, yang menuntaskan jalan kaki sejauh 450 kilometer dari ibukota, Ankara, setelah seorang anggota DPR dari partainya dipenjara bulan Juni.

Itu adalah protes terbesar dalam beberapa tahun terhadap Erdogan, yang pemerintahannya telah menangkap lebih dari 50.000 orang dan memecat sedikitnya 100.000 PNS yang dituduhnya sebagai para pendukung dari kudeta yang gagal itu. Turki mengklaim upaya kudeta itu dipimpin oleh ulama Fethullah Gulen, yang telah tinggal di pengasingan di AS selama hampir dua puluh tahun.

Gulen membantah segala keterlibatan. Oposisi Turki mengatakan pemerintahan Erdogan telah mengarah ke otoritarianisme, sementara pemimpin Turki mengatakan bahwa penindakan tegas diperlukan untuk mengatasi ancaman keamanan terhadap pemerintahan yang berkuasa. [vm/jm]

XS
SM
MD
LG