Tautan-tautan Akses

Protes Paus, Turki Panggil Pulang Duta Besar di Vatikan


Peringatan 100 tahun pembunuhan massal warga Armenia di Basilika Santo Petrus, Vatikan di mana Paus Fransiskus ikut dalam acara ini hari Minggu (12/4).
Peringatan 100 tahun pembunuhan massal warga Armenia di Basilika Santo Petrus, Vatikan di mana Paus Fransiskus ikut dalam acara ini hari Minggu (12/4).

Turki hari Minggu (12/4) memanggil pulang dutabesarnya untuk Vatikan sebagai protes karena Paus Fransiskus ikut memperingati 100 tahun pembunuhan massal warga Armenia.

Turki hari Minggu (12/4) memanggil pulang dutabesarnya untuk Vatikan setelah Paus Fransiskus memperingati 100 tahun pembunuhan massal warga Armenia dengan menyebutnya sebagai genosida.

Turki mengatakan, setelah berkonsultasi dengan pejabat-pejabat pemerintah, duta besar Mehmet Pacaci pulang karena Paus menggambarkan pembantaian satu setengah juta warga Armenia sebagai genosida pertama dalam abad ke 20.

Kepada Dutabesar Gereja Katolik Roma untuk Turki, disampaikan bahwa Turki “sangat menyesalkan dan kecewa” atas penggambaran Paus mengenai pembunuhan tahun 1915 itu dan mengatakan hal itu menimbulkan “masalah kepercayaan” dengan Vatikan.

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu dalam akun Twitter menulis, “Pernyataan Paus, yang jauh dari kebenaran sejarah dan hukum, tidak bisa diterima. Agama bukan tempat di mana klaim-klaim tanpa dasar dibuat dan kebencian dibangkitkan.”

Paus menyampaikan pernyataan itu dalam misa di Basilika Santo Petrus. Kepada jemaat, ia mengatakan, “menyembunyikan atau menyangkal kejahatan bagai membiarkan luka terus berdarah tanpa membalutnya.”

Turki Muslim mengakui warga Kristen Armenia tewas dalam bentrokan dengan Turki Ottoman, tetapi menyangkal pembantaian itu sama dengan genosida. Turki menyatakan jumlah korban telah dibesar-besarkan dan mereka yang tewas adalah korban perang saudara dan kerusuhan.

Dalam pernyataan bersama tahun 2000, Paus Yohanes Paulus 2 dan pemimpin gereja Armenia menyebut pembantaian itu sebagai genosida, tetapi hari Minggu adalah untuk pertama kali kata tersebut digunakan dalam misa di Basilika Santo Petrus.

Recommended

XS
SM
MD
LG