Tautan-tautan Akses

Tur Virtual, Obat Rindu Berjalan-jalan Semasa Pandemi


Tur virtual, obat rindu berwisata di era pandemi. (Foto courtesy: Idfi Pancani).
Tur virtual, obat rindu berwisata di era pandemi. (Foto courtesy: Idfi Pancani).

Tur virtual atau virtual tour kini semakin populer diselenggarakan pada masa pandemi COVID-19 ini berlangsung dan semakin diterima oleh semua kalangan serta kelompok usia. Apa yang membuat wisata semacam ini menarik serta apa tantangan dalam menikmati dan menyelenggarakannya?

Fikha Lismasari, ibu rumah tangga dengan tiga anak, biasanya berjalan-jalan sekeluarga pada masa liburan. Namun pandemi COVID-19 yang tidak jelas kapan berakhir ini, membuatnya enggan bepergian. Setelah berbulan-bulan tinggal di rumah saja, ia melihat tayangan mengenai tur virtual di televisi. Ditambah informasi dari sejumlah postingan di Facebook, ia pun akhirnya memperkenalkan wisata tersebut kepada anak-anaknya.

Seperti apakah tur virtual itu? Idfi Pancani, pemandu tur virtual, mengemukakan itu adalah kegiatan, “Di mana kita berjalan-jalan tidak seperti dalam kondisi riil, tetapi kita buat seolah-olah kita sedang berada di tempat yang sesungguhnya, dengan menggunakan platform serta media dan teknologi yang ada.”

Idfi Pancani, pemandu wisata virtual. (Photo courtesy: private)
Idfi Pancani, pemandu wisata virtual. (Photo courtesy: private)

Pada awalnya, acara jalan-jalan virtual ini memikat Fikha karena biaya yang dikutip penyelenggara adalah seikhlasnya. Tetapi begitu mengikutinya, ia melihat bahwa konten yang dikemas penyelenggara sangat menarik. Bukan hanya hiburan, peserta jalan-jalan juga memperoleh ilmu.

Misalnya, dalam perjalanan pertama yang mereka pilih, ke Amerika, pemandu mengemukakan, “Di Amerika ada Niagara Falls lho. Niagara Falls itu bukan air terjun tertinggi. Yang tertinggi apa ya? Ternyata di Venezuela. Kita diajak ke Venezuela. Tapi ini bukan yang tercantik, yang tercantik ternyata ada di Indonesia. Kemudian kita diajak ke Indonesia melihat air terjun yang cantik.”

Memperkenalkan keindahan salah satu destinasi wisata tercantik di dunia yang berlokasi di Indonesia, juga menjadi tujuan Ranny Iriani Tumundo. Ketua DPC Himpunan Pramuwisata Indonesia Raja Ampat ini mengemukakan, meskipun tidak bertemu langsung dengan para peserta, kegiatan itu pada dasarnya menyenangkan karena ia mendapat kesempatan memberi edukasi mengenai Raja Ampat. Tetapi Ranny tidak ingin sekadar mempromosikannya.

Tur Virtual, Obat Rindu Berjalan-jalan Semasa Pandemi
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:05:50 0:00

“Saya ingin orang tahu bahwa Raja Ampat bukan hanya masalah indahnya laut atau alam lalu ayo datang. Tetapi begitu datang, ketika mereka pulang itu membawa apa. Masyarakat yang tinggal di sana, budayanya, mereka juga perlu dikenal dan diangkat. Jadi ketika tamunya benar-benar datang, dalam actual tour, mereka bisa melihat langsung yang mungkin dapat membantu perekonomian masyarakat.”

Peserta wisata virtual yang dipandu Ranny beragam. Ia pernah berkolaborasi dengan Idfi yang memiliki jadwal tetap memandu wisata virtual khusus untuk anak-anak melalui acara #piknikbarengidfi. Selebihnya ia berkolaborasi dengan berbagai pihak memandu peserta dewasa dari berbagai kalangan, termasuk orang-orang asing. Pengalaman menarik lainnya adalah mengisi acara perayaan ulang tahun dengan menyelenggarakan jalan-jalan ke Raja Ampat secara virtual.

Ketua DPC Himpunan Pramuwisata Indonesia Raja Ampat, Ranny Iriani Tumundo (tengah). (Foto courtesy: privat)
Ketua DPC Himpunan Pramuwisata Indonesia Raja Ampat, Ranny Iriani Tumundo (tengah). (Foto courtesy: privat)

Ranny mengatakan ia memandu rata-rata sekitar 70 peserta, meski pernah pula ia memandu hingga hampir 100 peserta. Sekarang dengan semakin banyaknya wisata virtual, ia melihat ada penurunan peserta. Sedangkan Idfi pernah memandu hingga 200 orang, sewaktu ia mengadakan perjalanan virtual ke Paris.

Perjalanan ke luar negeri secara virtual memang menyenangkan, jelas Idfi. “Bukan murah juga sih, tapi murah banget. Tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, tidak perlu apply visa, tidak perlu pesan tiket, hanya dengan beberapa ribu rupiah, peserta dapat mencapai negeri impiannya.”

Berdasarkan destinasi atau konten, Idfi bisa menerapkan harga 25 ribu hingga 100 ribu rupiah. Meskipun begitu, ia juga menyelenggarakan kegiatan di mana peserta dapat membayar seikhlasnya.

Sementara itu, pengalaman apa yang disajikan oleh Ranny dalam jalan-jalan virtualnya? Karena Raja Ampat terkenal di dunia sebagai destinasi wisata premium dengan julukan “Surga Dunia di Bawah Laut,” Ranny juga mengajak peserta turut menyelam secara virtual. Selain merinci cara mengenakan peralatan selam, dalam konten yang disusunnya sendiri, ia juga berbagi tips selama menyelam.

Ranny Iriani Tumundo, mengajak peserta wisata virtual untuk ikut 'menyelam' dan menikmati keindahan bawah laut di Raja Ampat. (Foto courtesy: pribadi)
Ranny Iriani Tumundo, mengajak peserta wisata virtual untuk ikut 'menyelam' dan menikmati keindahan bawah laut di Raja Ampat. (Foto courtesy: pribadi)

Berdasarkan komentar peserta, ternyata tur virtual memiliki fungsi lain. Ranny mengatakan, “Sebelum orang ke destinasi, mereka jadi mengumpulkan informasi banyak-banyak. Oh iya, tampilannya akan seperti ini yang akan kita lihat. Jadi virtual tour punya fungsi juga seperti itu sekarang menurut menurut saya. Ada beberapa tamu atau peserta virtual tour langsung bilang, ‘Oh, seperti itu, ya. Aduh, kepengen, kepengen. Jadi minat untuk datangnya bis dipicu, distimulasi dari virtual tour.”

Mengapa Ranny tidak memiliki jadwal sendiri dan lebih senang berkolaborasi? Baginya cara ini tidak begitu riskan dibandingkan dengan memandu dan mengoperasikan peralatan kerjanya sekaligus. Alasan lainnya? Masalah jaringan atau koneksi Internet di tempatnya yang tidak stabil.

Tetapi masalah terakhir itu bukan hanya dihadapi oleh Ranny di Papua. Fikha yang bermukim di sekitar Jakarta juga mengemukakan masalah yang sama. Namun demikian, ini tidak menghalangi keinginan keluarganya untuk kembali mengikuti kegiatan jalan-jalan virtual ke luar negeri. Meskipun belum pernah mengikuti perjalanan dengan sesama orang dewasa, ia sudah merasa senang dan menikmati perjalanan virtual bersama anak-anaknya ke Amerika, Perancis, Jepang, Korea dan Swiss.

Fikha Lismasari bersama tiga buah hatinya. (Foto courtesy: pribadi)
Fikha Lismasari bersama tiga buah hatinya. (Foto courtesy: pribadi)

Cerita lucu disampaikan oleh Fikha. Ia menyebarkan informasi mengenai tur virtual itu ke grup orang tua murid di aplikasi WhatsApp. Akhirnya, dalam perjalanan virtual pertama ke Amerika, anaknya senang karena dapat bertemu dengan teman-temannya. “Terus akhirnya mereka janjian lagi. ‘Nanti kita ke Paris ya, nanti kita ke London ya," jelasnya.

Idfi menegaskan bahwa kegiatan virtual ini memang menjadi sarana mengobati kerinduan untuk berjalan-jalan lagi. Tetapi lebih dari itu, ia memandang bahwa inilah sarana bagi para pelaku wisata dalam ikhtiar mereka mencari rezeki, yang sempat terhenti karena pandemi. [uh/ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG