Tautan-tautan Akses

AS

Trump Yakin Senat Akan Loloskan Calon-calon Menterinya


Presiden AS terpilih Donald Trump berbicara dengan para wartawan di Trump Tower di New York (9/1). (AP/Evan Vucci)

Pemimpin mayoritas Senat mengatakan dia optimis enam atau tujuh anggota kabinet, sudah dikukuhkan pada saat Trump mulai memegang jabatan pada 20 Januari.

Presiden AS terpilih Donald Trump hari Senin (9/1) memperkirakan bahwa Senat akan mengukuhkan semua pilihannya untuk kabinet mendatang, meskipun kepala badan etika pemerintah mengatakan, beberapa kandidat menteri ini masih belum melaporkan informasi kekayaan mereka.

Trump membuat perkiraan itu di New York, di mana dia terus bertemu dengan pemimpin bisnis dan politik, 11 hari menjelang pelantikan dirinya sebagai presiden Amerika ke 45.

Sidang dengar pendapat Senat yang pertama akan dimulai Selasa, dan dilanjutkan Rabu dan Kamis. Senator Jeff Sessions, kandidat Trump untuk jaksa agung, dan Jenderal Purnawirawan Marinir John Kelly, yang ditunjuk sebagai kepala keamanan dalam negeri, akan dihadapkan pada sidang hari Selasa.

Pemimpin mayoritas Senat dari Partai Republik, Mitch McConnell, bertemu dengan Trump dan mengatakan kepada wartawan bahwa semua calon untuk kabinet itu akan diuji secara tepat sebagaimana sebelumnya.

McConnell mengatakan dia optimis enam atau tujuh anggota kabinet, khususnya tim keamanan nasional, sudah dikukuhkan pada saat Trump mulai memegang jabatan pada 20 Januari.

Jeff Sessions diduga akan menghadapi pertanyaan-pertanyaan sulit dari Demokrat terkait hubungannya dengan warga kulit hitam serta upayanya di masa lalu untuk menolak reformasi imigrasi. [jm]

XS
SM
MD
LG