Tautan-tautan Akses

AS

Calon-Calon Menteri Kabinet Trump Diuji Kelayakan Pekan ini


Pemimpin Mayoritas Senat Mitch McConnell (kiri) dengan calon menteri luar negeri Rex Tillerson, di Capitol Hill (4/1). (AP/Evan Vucci)

Laporan menunjukkan tidak semua calon telah menyelesaikan proses kajian etik atau rancangan awal laporan pengungkapan keuangan yang diharuskan.

Ketua fraksi Partai Republik Senat AS Mitch McConnell meminta fraksi Demokrat agar tidak menghambat sidang pengukuhan calon-calon menteri kabinet Presiden terpilih Donald Trump.

Sedikitnya tujuh calon kabinet Trump akan menjalani uji kelayakan di Senat pekan ini. Mereka termasuk calon menteri luar negeri Rex Tillerson, calon jaksa agung Jeff Sessions, dan calon menteri pendidikan Betsy DeVos.

Sebagian pilihan Kabinet Trump, termasuk Tillerson dan DeVos, adalah miliarder. Menurut sebagian anggota fraksi Demokrat, mereka belum sepenuhnya diperiksa.

Dalam acara Face the Nation hari Minggu di stasiun televisi CBS, McConnell menuduh Demokrat masih kesal soal pemilihan presiden. Ia mengatakan, Fraksi Republik memberi persetujuan cepat kepada banyak calon yang diajukan Presiden Barack Obama tahun 2009 meskipun mereka "sangat liberal."

Tetapi bukan hanya anggota fraksi Demokrat yang prihatin akan kurang terbukanya beberapa calon yang diajukan Trump.

Walter Shaub, kepala Kantor Etik Pemerintah yang independen dan non-partisan, dalam surat kepada para pemimpin Demokrat pekan lalu mengatakan tidak semua calon yang dijadwalkan menjalani sidang itu telah menyelesaikan proses kajian etik atau rancangan awal laporan pengungkapan keuangan yang diharuskan. [ka]

XS
SM
MD
LG