Tautan-tautan Akses

AS

Trump Undang Pemimpin Kongres Diskusi Soal Keamanan Perbatasan


Bendera Amerika berkibar di depan Gedung Capitol, Washington, D.C., 1 Januari 2019.

Presiden AS Donald Trump telah mengundang para pemimpin Partai Demokrat dan Partai Republik di Kongres untuk menghadiri apa yang disebut Gedung Putih “diskusi keamanan perbatasan”, Rabu, sementara penutupan sebagian operasi pemerintah telah memasuki hari ke-12.

Pemimpin Mayoritas Senat Mitch McConnell diperkirakan akan menghadiri acara itu. Belum jelas apakah Pemimpin Minoritas Senat Chuck Schumer atau rekan sejawatnya dari Partai Demokrat, Ketua DPR yang akan segera menjabat,Nancy Pelosi, akan hadir, dan apakah kedua pihak akan menggunakan pertemuan itu untuk merundingkan rencana pembukaan kembali operasi pemerintah.

Partai Demokrat akan menjadi suara mayoritas di DPR ketika Kongres baru mulai bertugas, Kamis, dan Pelosi berencana mengadakan pemungutan suara atas dua rancangan undang-undang (RUU) yang akan mendanai sebagian besar badan pemerintah hingga akhir September dan Departemen Keamanan Dalam Negeri hingga 8 Februari.

Legislasi yang diusulkan itu tidak mencakup dana 5 miliar dolar untuk membangun tembok perbatasan AS-Meksiko sebagai mana dituntut Trump. Fraksi Demokrat di Kongres sebaliknya hanya menawarkan dana 1,3 miliar dolar untuk langkah-langkah lain pengamanan perbatasan.

Pelosi dan Schumer telah menolak rencana pembangunan tembok yang digagaskan Trump dan menyebutnya sebagai upaya mahal dan tidak efektif. Trump sendiri belum mengajukan rencana lain yang memiliki peluang disetujui DPR dan Senat. [ab]

XS
SM
MD
LG