Tautan-tautan Akses

AS

Trump Umumkan Rencana untuk Impor Obat Murah


Presiden AS Donald Trump berbicara dengan Menteri Kesehatan Alex Azar di Gedung Putih (foto: dok).

Pemerintah Trump hari Rabu (18/12) mengungkapkan rencana untuk mengimpor obat-obat resep yang lebih murah dari Kanada dan negara lain, untuk menghemat pengeluaran warga Amerika akan obat-obat yang sangat dibutuhkan.

Menteri Kesehatan Alex Azar mengatakan kepada wartawan, “Tidak ada Presiden Amerika yang pernah mengizinkan Badan Federal Amerika yang mengatur Makanan dan Obat-obatan yang mengizinkan impor obat-obatan dari Kanada.”

Departemen kesehatan hari Rabu mengumumkan dua garis besar yang memungkinkan pelaksanaan rencana impor itu. Yang pertama, semua negara bagian Amerika boleh mengimpor obat-obatan yang telah disetujui penggunaannya oleh pemerintah Kanada, dan harus disetujui oleh FDA. Sejumlah negara bagian yang berbatasan dengan Kanada seperti Vermont dan New Hampshire termasuk yang mula-mula akan melaksanakan peraturan itu.

Tapi rencana impor itu tidak akan mencakup insulin, yang harganya di Amerika sangat mahal.

Cara yang kedua adalah mengizinkan perusahaan obat Amerika mengimpor obat-obatan yang dipasarkannya di luar negeri, sehingga harganya akan lebih murah bagi konsumen di Amerika. Kata Menteri Kesehatan Azar, peraturan itu akan memungkinkan perusahaan obat untuk bersaing dengan obat buatannya sendiri di dalam negeri. (ii/jm)

XS
SM
MD
LG