Tautan-tautan Akses

Trump Tuduh Rusia Bantu Korea Utara Menghindari Sanksi


Presiden Donald Trump pada saat wawancara dengan Reuters di Gedung Putih, Washington, 17 Januari 2018.

Presiden Amerika, Donald Trump menuduh Rusia membantu Korea Utara menghindari sanksi internasional dan mengatakan Pyongyang setiap hari membuat kemajuan dalam usaha mengembangkan rudal balistik yang dapat mencapai Amerika.

Dalam sebuah wawancara di ruang kerjanya di Oval Office dengan kantor berita Reuters, Trump memuji China karena membatasi pasokan minyak dan batu bara ke Korea Utara. Tetapi, dia mengatakan Beijing dapat berbuat lebih banyak untuk membantu membatasi Pyongyang.

Namun Trump mengatakan Rusia tampaknya mengisi kekosongan bantuan China.

Dia menyatakan Presiden Rusia Vladimir Putin mungkin dengan sengaja menggagalkan sanksi itu.

"Dia tidak melakukan apapun untuk membantu kami dengan masalah Korea Utara," kata Trump tentang Putin. "Apapun bantuan yang diberikan China, digagalkan. Jadi dengan kata lain, Rusia mengisi apa yang telah dilakukan China."

Selama wawancara hampir satu jam, Trump kurang optimis dibandingkan sikapnya baru-baru ini sehubungan manfaat dari pembicaraan langsung dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un.

Ketika ditanya oleh wartawan, apakah dia sudah berkomunikasi langsung dengan Kim, Trump mengelak. Namun dia mengatakan bahwa dia mungkin bersedia mengadakan pertemuan tatap muka dengan pemimpin Korea Utara itu. [ps/jm]

XS
SM
MD
LG