Tautan-tautan Akses

AS

Trump Tidak Berencana Dengarkan Rekaman Pembunuhan Khashoggi


Seorang perempuan memegang poster bergambarkan wartawan Arab Saudi Jamal Khashoggi yang dibunuh di dalam konsulat Riyadh di Istanbul, Oktober lalu.

Presiden AS, Donald Trump, mengatakan sudah mendapat penjelasan lengkap mengenai audio rekaman pembunuhan wartawan Arab Saudi, Jamal Khashoggi, di dalam konsulat Riyadh di Istanbul bulan lalu, tetapi tidak berniat untuk mendengarkan karena kekerasan yang digambarkannya.

Trump hari Sabtu mengatakan pemerintah AS hari Selasa akan merilis temuannya mengenai pembunuhan terhadap Kashoggi tanggal 2 Oktober lalu. Departemen Luar Negeri mengatakan tidak dicapai kesimpulan akhir meskipun beberapa kantor berita AS telah melaporkan CIA telah menyimpulkan bahwa Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman, pemimpin de facto Riyadh, memerintahkan pembunuhan itu.

Ditanya dalam wawancara Fox tersebut apakah putra mahkota itu berbohong kepadanya mengenai keterlibatannya, Trump menjawab, "Saya tidak tahu. Siapa yang bisa benar-benar mengetahuinya? Tapi saya bisa mengatakan, banyak orang yang mengatakan ia tidak tahu. "

Trump menambahkan, "Ia mengatakan kepada saya ia tidak terlibat. Ia mengatakan demikian kepada saya, mungkin lima kali pada berbagai kesempatan, yang paling akhir beberapa hari yang lalu."

Arab Saudi telah mengajukan dakwaan terhadap 11 agen yang dituduh terlibat dalam pembunuhan Khashoggi dan mengatakan akan mengupayakan hukuman mati terhadap lima di antaranya.

Trump mengakui bahwa orang-orang yang dekat dengan pangeran itu "mungkin terlibat." Namun mengatakan, "saya ingin tetap berhubungan dengan sekutu yang dalam banyak hal berjalan sangat baik."

Pengamat Fox, Chris Wallace, bertanya kepada Trump apakah ia akan menyetujui gerakan di Kongres untuk menghentikan keterlibatan AS dalam perang yang dipimpin Arab Saudi di Yaman atau menghentikan penjualan senjata ke Riyadh, tetapi Trump mengatakan itu tergantung pada beberapa hal.

"Saya ingin melihat perang di Yaman berakhir," katanya. "Juga diperlukan dua pihak untuk mencapai hasil tersebut. Saya ingin Arab Saudi menghentikan perang itu tapi saya juga ingin Iran berhenti.

Departemen Luar Negeri mengatakan pemerintah AS "bertekad untuk menyeret para pelaku, bertanggung jawab atas pembunuhan itu " tetapi masih banyak pertanyaan yang belum terjawab".

Penilaian CIA, yang pertama kali dilaporkan Jumat oleh The Washington Post, bertentangan dengan laporan Arab Saudi, dimana Jaksa Agung Arab Saudi sehari sebelumnya membebaskan putra mahkota itu dari pembunuhan Khashoggi.

Pejabat AS mengatakan CIA menyimpulkan bahwa 15 agen Arab Saudi terbang dengan pesawat pemerintah Arab Saudi ke Istanbul dan membunuh Khashoggi di dalam konsulat Arab Saudi. [my]

XS
SM
MD
LG