Tautan-tautan Akses

AS

AS Umumkan Sanksi atas 17 Warga Saudi terkait Pembunuhan Khashoggi


Menteri Keuangan AS, Steve Mnuchin mengumumkan sanksi terhadap 17 warga Saudi hari Kamis (15/11).

Amerika Serikat telah mengumumkan sanksi terhadap 17 warga Saudi karena diduga berperan dalam pembunuhan wartawan Saudi, Jamal Khashoggi di konsulat Saudi di Istanbul.

Di antara mereka yang dijatuhi sanksi adalah, Saud al-Qahtani, mantan pembantu utama Putra Mahkota Mohammed bin Salman, dan Konsul Jenderal Saudi, Mohammed Alotaibi.

"Orang-orang ini menarget dan secara brutal membunuh seorang wartawan yang tinggal dan bekerja di Amerika Serikat , harus bertanggung jawab atas tindakan mereka," kata Menteri Keuangan AS, Steve Mnuchin dalam sebuah pernyataan hari Kamis (15/11).

Sanksi-sanksi AS akan diterapkan di bawah Undang-Undang Akuntabilitas Hak Asasi Manusia Magnitsky Global, yang menghukum mereka yang telah melakukan pelanggaran HAM serius dan tindakan-tindakan korupsi. Pengumuman itu agak mengejutkan, mengingat AS jarang menerapkan sanksi terhadap Arab Saudi.

Mnuchin juga mengatakan, Amerika melanjutkan upaya-upayanya untuk menentukan apa yang sebenarnya terjadi dan akan meminta pertanggungjawaban semua orang yang terbukti bertanggung jawab atas kematian jurnalis itu.

AS mengumumkan sanksi-sanksi itu beberapa jam setelah jaksa penuntut umum Arab Saudi meminta hukuman mati untuk lima tersangka dalam pembunuhan Khashoggi. (ps/al)

XS
SM
MD
LG