Tautan-tautan Akses

AS

10 Hari Jelang Habisnya Anggaran Federal, Fraksi Demokat AS Batalkan Pertemuan


Dua tokoh fraksi Demokrat yaitu pemimpin minoritas Senat Charles Schummer (kanan) dan pemimpin minoritas DPR Nancy Pelosi (foto: dok).

Pemerintah Amerika akan kehabisan anggaran dalam 10 hari, namun perundingan awal yang dijadwalkan hari Selasa (28/11) antara Presiden Donald Trump dan pemimpin fraksi Demokrat di Kongres untuk mencegah penghentian operasi pemerintah, tampaknya batal karena benturan politik.

Trump, dalam cuitannya di Twitter, mengatakan ia berencana mengadakan pertemuan dengan dua tokoh fraksi Demokrat yaitu pemimpin minoritas Senat Charles Schummer dan pemimpin minoritas DPR Nancy Pelosi, “tentang upaya agar pemerintah tetap beroperasi” setelah penghentian anggaran tanggal 8 Desember mendatang.

Namun pemimpin Amerika itu juga menambahkan ia tidak melihat adanya kesepakatan yang berhasil dicapai dengan Schummer dan Pelosi, dengan mengatakan bahwa “masalahnya adalah mereka ingin agar imigran illegal membanjiri negara kita tanpa pemeriksaan, aturan yang lemah terhadap kejahatan dan kenaikan pajak yang substansial.”

Beberapa jam kemudian Schummer dan Pelosi membatalkan pertemuan di Gedung Putih dan mengatakan karena Trump tidak melihat kemungkinan tercapainya kesepakatan maka mereka tidak punya “waktu untuk disia-siakan” untuk bertemu dengannya.

Para pemimpin Demokrat mengatakan, “Ini akan menjadi pertemuan yang tidak membuahkan hasil.”

Sebaliknya Schummer dan Pelosi mengatakan mereka “yakin jalan terbaik ke depan” adalah bertemu dengan para pemimpin faksi Republik di Kongres, yaitu pemimpin mayoritas senat Mitch McConnell dan Ketua DPR Paul Ryan. [em/jm]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG