Tautan-tautan Akses

Trump, Putin Lakukan Pembicaraan Telepon


Presiden Amerika Serikat Donald Trump (kiri) dan Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto: dok). Kedua pemimpin ini dijadwalkan mengadakan percakapan melalui telepon pada hari Selasa (2/5) waktu Amerika.

Kedua pemimpin tersebut diperkirakan akan membahas perang saudara di Suriah dan dukungan terus menerus Putin terhadap Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putin dijadwalkan mengadakan percakapan telepon pada hari Selasa (2/5) waktu Amerika. Pembicaraan ini adalah yang pertama sejak Rusia mengecam serangan militer Amerika terhadap sebuah bandara di Suriah bulan lalu.

Gedung Putih dan Kremlin memastikan bahwa telepon akan berlangsung, namun tidak mengungkapkan topik pembicaraan.

Kedua pemimpin tersebut diperkirakan akan membahas perang saudara di Suriah dan dukungan terus menerus Putin terhadap Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Pembicaraan telepon hari Selasa ini akan adalah yang ketiga di antara mereka sejak Trump memenangkan pemilihan presiden. Mereka berbicara bulan lalu setelah serangan teror di St. Petersburg, Rusia dan seminggu setelah pelantikan Trump pada bulan Januari.

Dalam kampanyenya, Trump mengungkapkan harapan bahwa dia dan Putin bisa bekerja sama untuk memerangi terorisme. Bulan lalu, Trump mengatakan hubungan AS-Rusia “mungkin berada pada titik terendah sepanjang masa.”

Sementara itu, investigasi FBI dan kongres berlanjut sampai pada kontak yang kemungkinan terjadi antara tim kampanye Trump dengan Rusia dan dugaan campur tangan Rusia dalam pemilu di Amerika tahun lalu. [lt]

XS
SM
MD
LG