Tautan-tautan Akses

Trump Mungkin Perpanjang Batas Waktu Perundingan Dagang dengan China


Ketua delegasi AS, Jeffrey Gerrish, usai melakukan perundingan dagang dengan perwakilan China di Beijing, Senin (11/2).
Ketua delegasi AS, Jeffrey Gerrish, usai melakukan perundingan dagang dengan perwakilan China di Beijing, Senin (11/2).

Presiden AS Donald Trump hari Selasa (12/2) mengatakan akan mempertimbangkan untuk memperpanjang batas waktu kesepakatan perdagangan dengan China, setelah tanggal 1 Maret.

"Jika kita hampir mencapai kesepakatan, di mana kita menganggap bisa membuat kesepakatan nyata. Saya bisa memperpanjangnya sebentar," kata Trump kepada wartawan di Gedung Putih.

Tapi ia menambahkan, "Secara umum saya tidak ingin melakukannya."

Komentar itu disampaikan sementara putaran ketiga perundingan perdagangan dijadwalkan dimulai kembali di Beijing untuk mencegah tarif impor dua kali lipat lebih terhadap barang China senilai $200 miliar.

"China sangat ingin membuat kesepakatan," kata Trump dan "perundingan berjalan baik". Meskipun belum ada tanggal yang disepakati untuk pertemuan dengan Presiden China Xi Jinping, Trump berharap pertemuan itu akhirnya akan terjadi.

Perselisihan berisiko tinggi itu telah meningkatkan kekhawatiran akan meluas pada ekonomi global setelah Trump tahun lalu menghantam China dengan tarif impor balasan sebesar 25 persen atas barang-barang China senilai $ 50 miliar, dan kemudian mengenakan bea impor 10 persen pada impor tahunan lainnya senilai $200 miliar.

Tarif seluruh impor itu akan naik menjadi 25 persen jika tidak tercapai kesepakatan pada 1 Maret.

Ekonomi China telah menunjukkan tanda-tanda perlambatan, sementara perang perdagangan itu telah mengguncang kepercayaan bisnis AS, karena tarif pembalasan itu telah menaikkan harga-harga dan ikut menghambat pasar ekspor utama.

Strategi agresif Trump gagal mengurangi defisit perdagangan AS dengan China, yang ia tetapkan sebagai tujuan utama.

Trump mengulangi pernyataan yang salah bahwa China membayar bea masuk tersebut namun sebenarnya dibayar oleh perusahaan AS yang mengimpor barang-barang tersebut.

Para ekonom mengatakan sebagian besar dampak yang diinginkan dari tarif pajak itu dalam mengurangi impor, telah diimbangi dengan devaluasi mata uang China, yang membuat barang-barang lebih murah bagi importir. (my)

Recommended

XS
SM
MD
LG