Tautan-tautan Akses

Kekuatan dan Pengaruh AS Lebih Mengkhawatirkan Dibanding Ancaman Rusia dan China


ARSIP – Presiden Donald Trump berpidatao kepada para menteri luar negeri dalam forum Koalisi Global untuk Mengalahkan ISIS di Departemen Luar Negeri, Washington, D.C., 6 Februari 2019 (foto: Reuters/Leah Mills)

Sebagian besar orang di dunia lebih cemas akan ancaman penggunaan kekuatan dan pengaruh oleh Amerika daripada penggunaan ancaman serupa oleh Rusia dan China.

Temuan itu, bagian dari Global Attitude Survey 2018 oleh Pew Research Center mendapati 45% dari lebih dari 27 ribu responden di 26 negara memandang kekuatan dan pengaruh Amerika sebagai ancaman dibandingkan dengan hanya 37% Rusia dan 35% China.

Negara yang paling besar kemungkinan memandang Amerika sebagai ancaman adalah dua negara sahabat utama di Asia-Pasifik yaitu Korea Selatan dan Jepang. Di Korea Selatan 67% responden memandang Amerika sebagai ancaman sedang di Jepang 66%.

Meksiko di tempat ke-3 dengan 64% responden. Survei terdahulu oleh Pew mendapati pandangan terhadap Amerika di Meksiko menukik tajam setelah Trump dipilih menjadi presiden tahun 2016.

Data Pew yang diterbitkan Oktober tahun lalu mendapati hanya 6% penduduk Meksiko mengatakan rasa percaya pada kepemimpinan Trump, sebagian karena tentangan kuat mereka terhadap rencana Trump membangun tembok di sepanjang perbatasan Amerika-Meksiko. [al]

Lihat komentar (2)

Recommended

XS
SM
MD
LG