Tautan-tautan Akses

Rusia dan China Pacu Kekuatan Militer Berbasis Antariksa


ARSIP – Peluncuran roket pendorong Soyuz-2 milik Rusia dari fasilitas peluncuran Plesetsk di baratdaya Rusia, Kamis, 25 Oktober 2018 (courtesy: Roscosmos Space Agency Press Service via AP)

Rusia dan China berpacu meningkatkan kekuatan militer mereka yang berbasis di antariksa dan dalam waktu tidak lama bisa mencegah Amerika bersama sekutu menggunakan antariksa secara bebas.

Peringatan ini, yang dimuat dalam laporan baru Badan Intelijen Pertahanan, bertolak dari serangkaian peringatan yang dikeluarkan masyarakat pertahanan dan intelijen selama beberapa tahun lewat.

Namun, beda dari kajian sebelumnya yang fokus pada upaya Rusia dan China untuk menandingi atau menyamai kemampuan Amerika, laporan baru Badan Intelijen Pertahanan itu menyatakan kedua negara mempunyai agenda yang lebih agresif.

‘Kedua negara sedang mengembangkan sistem yang dapat mengancam kebebasan di antariksa’ kata laporan itu dengan menyebut doktrin militer Rusia dan China dewasa ini yang memandang kemampuan menguasai antariksa sebagai bagian tak terpisahkan untuk dapat memenangkan perang moderen.’ [al]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG