Tautan-tautan Akses

AS

Trump Mungkin Kenakan Tarif atas Mobil Impor Minggu Depan


Dealer Toyota di Salt Lake City, Utah (foto: ilustrasi). Mobil-mobil buatan Jepang masih mendominasi pasaran mobil di Amerika.

Saham otomotif Eropa kembali mencatat kerugian pada Selasa setelah sebuah majalah Jerman melaporkan Presiden AS Donald Trump mungkin memberlakukan tarif mobil impor mulai minggu depan.

Wirtschaftswoche mengutip "sumber Uni Eropa" yang mengatakan laporan investigasi Departemen Perdagangan AS berada di meja Trump, menambahkan: "Trump mungkin akan memutuskan tentang tarif sedini minggu depan setelah pertemuan G20 di Buenos Aires."

Majalah tersebut mengutip sumber yang mengatakan laporan itu merekomendasikan bea cukai 25 persen pada impor mobil dari semua negara kecuali Kanada dan Meksiko. Namun, Gedung Putih telah berulang kali berjanji tidak akan memberlakukan tarif pada Uni Eropa atau Jepang selama mereka membuat kemajuan yang konstruktif dalam pembicaraan perdagangan.

Komisi Eropa, yang mengawasi kebijakan perdagangan untuk Uni Eropa yang beranggotakan 28 negara, menolak mengomentari laporan itu secara umum, tetapi mengatakan bahwa acuan Wirtschaftwoche pada Komisaris Perdagangan UE Cecilia Malmstrom yang menuju Washington pada hari Rabu tidak benar.

Baik Gedung Putih maupun Departemen Perdagangan AS tidak segera menanggapi permintaan untuk berkomentar. [as]

XS
SM
MD
LG