Tautan-tautan Akses

PM Li Berharap China-AS Temukan Solusi Sengketa Perdagangan dan Keamanan


Perdana Menteri China, Li Keqiang (kanan) berbicara dengan Senator AS Lamar Alexander di Beijing, Kamis (1/11).

Perdana Menteri China, Li Keqiang mengatakan kepada tujuh anggota fraksi Republik Kongres AS yang berkunjung hari Kamis (1/11), bahwa ia berharap kedua negara dapat menemukan jalan tengah dalam sengketa perdagangan, keamanan dan masalah lainnya.

Hubungan antara Amerika dan China semakin tegang sejak Presiden AS Donald Trump menerapkan tarif baru pada hampir separuh produk China musim panas lalu, sementara China membalas dengan mengenakan tarif pada sebagian besar produk AS.

Beberapa anggota Kongres AS yang menghadiri pertemuan dengan Li di kompleks perkantoran pimpinan China menyatakan keprihatinan atas taktik perdagangan Trump.

"Selama empat dasawarsa terakhir, hubungan China-AS telah mengalami pasang surut, tetapi secara umum, telah bergerak maju selama ini," kata Li kepada delegasi AS.

"Kami berharap China dan Amerika dapat menemukann jalan tengah dan bekerjasama dalam semangat saling menghormati dan setara," kata Li.

Hubungan kerja antara dua negara itu lebih lanjut diuji baru-baru ini oleh pidato Wakil Presiden AS, Mike Pence yang menuduh China melakukan agresi militer dan pencurian teknologi. (ps/al)

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.

Recommended

XS
SM
MD
LG