Tautan-tautan Akses

AS

Trump Minta Sekolah-Sekolah di Amerika Dibuka


Sekolah Willow Creek di Willow Creek, Montana, dengan 56 siswa, menjadi salah satu dari sejumlah sekolah yang akan dibuka kembali setelah ditutup karena pandemi virus corona, 4 Mei 2020. (Foto: AP)

Presiden Donald Trump meminta para gubernur di seluruh Amerika Serikat untuk membuka kembali sekolah-sekolah yang ditutup karena virus corona. Permintaan itu jelas bertentangan dengan peringatan Dr. Anthony Fauci agar tidak bergerak terlampau cepat mengirim siswa kembali ke sekolah.

"Kita membuka kembali negara; rakyat ingin dibuka," kata Presiden Trump. "Sekolah-sekolah akan dibuka."

Presiden Trump, Rabu (13/5), bertemu dengan para gubernur North Dakota dan Colorado dan memerintahkan kepada mereka agar sekolah dibuka kembali.

Nada bicara presiden itu menunjukkan ia menentang pakar penyakit menular terkenal Amerika, kata Zeke Miller wartawan Gedung Putih dari kantor berita Associated Press.

"Ia menganggap kita tidak bisa membuka kembali ekonomi tanpa membuka kembali sekolah lalu ia yakin tes dan tindakan pencegahan lainnya yang diambil pemerintah sudah memadai," kata Miller.

"Mereka menganggap tidak lagi dalam situasi mendesak dan darurat yang sama seperti dua bulan lalu," lanjut Miller.

Fauci menganjurkan tindakan berhati-hati dalam kesaksian di depan komite Senat Selasa, meskipun ia menjelaskan yakin keputusan pembukaan kembali kegiatan, besar kemungkinannya akan berbeda dari satu daerah dengan daerah lainnya. [my/ft]

XS
SM
MD
LG