Tautan-tautan Akses

AS Khawatir Kepulangan Warga Dwi Kewarganegaraan Jika Covid-19 di Meksiko Memburuk


Para pejalan kaki melintas dari Meksiko ke Texas di Jembatan International McAllen Hidalgo, 20 Maret 2020.

Para pejabat pemerintah AS khawatir orang-orang yang berkewarganegaraan ganda, AS-Meksiko kemungkinan akan lari ke Amerika jika wabah virus corona di Meksiko memburuk.

Kantor berita Reuters melaporkan hal itu akan makin menekan rumah sakit AS, terutama rumah sakit-rumah sakit dekat perbatasan.

Kekhawatiran, yang belum pernah dilaporkan sebelumnya ini terjadi sementara sejumlah rumah sakit di daerah San Diego, di California selatan mendesak pemerintah Trump untuk berbuat lebih banyak agar membatasi ancaman virus yang melintas ke Amerika.

Meskipun pejabat senior Departemen Keamanan Dalam Negeri AS telah menyampaikan keprihatinannya mengenai kewarganegaraan ganda ini dalam seruan hariannya, saat ini belum ada rencana untuk melarang masuknya warga ini atau membuat perubahan lain pada kegiatan perbatasan.

Presiden Donald Trump telah menangguhkan perjalanan yang tidak penting melintasi perbatasan darat AS dengan Kanada dan Meksiko, dengan mengatakan pembatasan diperlukan untuk melindungi Amerika.

Sejauh ini, ketakutan akan gelombang kedatangan belum terjadi.

Dennis Amundson, direktur unit perawatan intensif di Rumah Sakit Scripps Mercy di Chula Vista, California, 10 mil dari perbatasan AS-Meksiko, mengatakan sudah ada peningkatan baru-baru ini untuk merawat virus corona. [my/pp]

XS
SM
MD
LG