Tautan-tautan Akses

AS

Senator Terkemuka AS Kecam Tanggapan Pandemi Trump 


Senator Mitt Romney di Capitol menjelang pemungutan suara terkait sidang pemakzulan Presiden Trump, Washington, 5 Februari 2020.

Para senator AS menanggapi tindakan Trump terkait pandemi. Ketua fraksi minoritas Senat AS dari Partai Demokrat Chuck Schumer, mengecam tanggapan Presiden Donald Trump terhadap pandemi corona setelah sidang Senat yang menghadirkan pejabat tinggi kesehatan, termasuk Dr. Anthony Fauci, dan Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Controls and Prevention/CDC) Robert Redfield.

Fauci, yang mengepalai Lembaga Nasional untuk Alergi dan Penyakit Menular, memperingatkan para senator bahwa negara-negara bagian yang mengabaikan pedoman nasional untuk membuka kembali ekonominya berisiko menghadapi lonjakan kasus penularan virus corona yang bisa berubah menjadi wabah baru.

"Presiden Trump, dengarkan Dr. Fauci!" Kata Schumer, Selasa (12/5) sore.

Schumer juga mendukung paket bantuan virus corona $3 triliun lebih yang dipaparkan Ketua DPR Nancy Pelosi pada Selasa (12/5).

Proposal ini menyediakan hampir $1 triliun bagi negara bagian dan kota-kota, "gaji situasi berbahaya" bagi para pekerja esensial dan putaran baru pembayaran tunai kepada perseorangan.

Sementara itu senator Partai Republik dari Utah Mitt Romney, juga mengecam respon pandemi pemerintahan Trump, serta mempertanyakan komentar Presiden Donald Trump bahwa pendahulunya Barack Obama, bertanggung jawab atas kurangnya vaksin virus corona.

Romney menanyai Dr. Anthony Fauci terkait komentar Trump tersebut yang dijawab oleh Fauci, "sama sekali tidak", seraya menambahkan "tentu saja Presiden Obama atau Presiden Trump tidak bertanggung jawab mengenai apakah Amerika memiliki vaksin atau tidak."

Romney juga mengecam penasehat pengujian virus pemerintah, Laksamana Brett Giroir yang ikut menghadiri perayaan 9 juta uji virus corona di AS oleh Gedung Putih yang dikatakan lebih banyak dibandingkan tes yang dilakukan Korea Selatan.

Romney mengatakan rekor pengujian ini bukan hal yang perlu dirayakan. [my/pp]

XS
SM
MD
LG