Tautan-tautan Akses

Trump Minta Comey Hentikan Penyelidikan Atas Jenderal Flynn


FILE - Dari Kiri - Kanan, Presiden Donald Trump, Mantan Penasehat Keamanan Nasional Gedung Putih Michael Flynn, Direktur FBI James Comey.

Presiden Donald Trump minta direktur FBI yang dipecatnya untuk menghentikan penyelidikan atas penasihat keamanan nasional Michael Flynn yang telah diberhentikannya, tentang hubungannya dengan Russia, tapi Gedung Putih mengatakan Selasa malam laporan itu tidak betul.

Menurut laporan yang disiarkan mula-mula oleh harian New York Times, Trump menyampaikan permintaan itu kepada James Comey dalam pertemuan bulan Februari. Menurut memo yang ditulis Comey setelah pertemuan itu, Presiden Trump mengatakan padanya “saya harap anda bisa menghentikan hal ini.” Permintaan itu merujuk pada penyelidikan yang sedang dilakukan oleh FBI atas Jenderal Flynn. Laporan yang dimuat harian New York Times itu kemudian dikonfirmasi oleh harian Washington Post dan kantor-kantor berita lainnya.

Pernyataan yang dikeluarkan Gedung Putih hari Selasa malam mengatakan “laporan itu bukan gambaran yang akurat atau betul tentang pembicaraan antara presiden dengan Comey.” Pernyataan itu selanjutnya menambahkan, walaupun presiden telah berulang kali menyatakan bahwa Flynn adalah “orang baik”, ia tidak pernah minta pada Comey atau orang lain untuk menghentikan penyelidikan atas mantan penasihat keamanan nasional itu. Trump memecat Comey minggu lalu. Seorang jurubicara FBI tidak mau berkomentar tentang rincian memo yang ditulis Comey itu. [ii]

XS
SM
MD
LG