Tautan-tautan Akses

AS

Presiden Trump Pecat Direktur FBI James Comey


Presiden Amerika Serikat Donald Trump (kiri) dan Direktur FBI James Comey (Foto: dok).

Direktur Biro Penyelidik Federal AS (FBI) James Comey telah dipecat. Presiden Donald Trump, dalam sebuah surat blak-blakan ke Comey, Selasa (10/5), mengatakan, Comey diberhentikan karena tidak bisa memimpin biro itu secara efektif.

Direktur FBI biasa ditunjuk untuk masa jabatan tunggal selama 10 tahun. Comey baru dilantik memimpin FBI empat tahun lalu.

Comey sedang berbicara di hadapan sekelompok pegawai FBI di California ketika mendapat kabar bahwa ia dipecat. Laporan-laporan media mengatakan, Comey menyebutkan soal pemecatannya itu namun mengakui pada awalnya ia menduga itu hanya lelucon. Sejauh ini Comey belum memberikan pernyataan publik.

Alasan pemecatan Comey ditegaskan dalam dua surat terpisah yang ditulis Jaksa Agung Jeff Sessions dan wakilnya, Rod Rosenstein. Mereka pada intinya mengatakan, Comey bersikap main hakim sendiri.

Rosenstein menulis, Comey melakukan kesalahan serius dalam menangani penyelidikan email saingan Trump dalam pemilu presiden, Hillary Clinton. Ia menuding, Comey melangkahi otoritas jaksa agung ketika memutuskan untuk tidak memproses hukum mantan menteri luar negeri tersebut.

Tidak jelas mengapa Trump mengambil tindakan itu sekarang mengingat, peristiwa tersebut berlangsung beberpa bulan sebelum ia memenangkan pemilu presiden November lalu. [ab/as]

XS
SM
MD
LG