Tautan-tautan Akses

Trump Remehkan Kontroversi Comey, Cari Direktur FBI Baru Dengan Cepat


FILE - Presiden AS Donald Trump (kiri), dan mantan Direktur FBI James Comey (kanan).

Pejabat Gedung Putih hari Senin terus mengelakkan kritik terhadap Pemecatan Direktur FBI oleh Presiden Trump, dan berkeras bahwa usaha mencari penggantinya berjalan cepat.

Enam hari setelah Trump memecat Comey, badai politik atas keputusan tersebut menimpa Washington. Kelompok Demokrat meningkatkan tuntutan mereka supaya ditunjuk jaksa khusus untuk menyelidiki kemungkinan hubungan Rusia dengan Trump.

Meskipun dampak politiknya masih belum jelas, keputusan untuk memecat Comey telah mengganggu agenda legislatif presiden, yang memang sudah menghadapi banyak hambatan besar.

Sebelum dipecat, Comey sedang mengawasi penyelidikan terhadap Rusia yang diduga meretas pemilihan presiden tahun 2016, dan juga kemungkinan adanya persekongkolan antara Moskow dan kampanye Trump.

Banyak warga Demokrat percaya bahwa pemecatan Comey itu tersebut bisa dianggap sebagai menghalangi keadilan, dan Trump sendiri telah mengakui bahwa dia memang sedang memikirkan penyelidikan tentang Rusia ketika dia memecat Comey.

Pada hari Senin, para pejabat Gedung Putih kembali mengabaikan kontroversi tersebut sebagai serangan partisan dari kelompok Demokrat.

"Presiden mempunyai hak untuk memecat seseorang karena dia yakin Direktur Comey tidak mempunyai keahlian untuk membuat penilaian dan keputusan dan tidak siap menghadapi tugas," kata Jurubicara Gedung Putih Sean Spicer dalam briefing hariannya.

Spicer juga menolak untuk mengklarifikasi tweet dari minggu lalu di mana presiden tampaknya mengancam Comey supaya tutup mulut.

"Saya sudah jelaskan dengan tuntas. Presiden tidak akan memberi keterangan tambahan, "kata Spicer.

Trump, sementara itu, menghabiskan sebagian besar waktunya hari Senin untuk menghadiri acara kepresidenan, bertemu dengan polisi, dan meletakkan karangan bunga dalam upacara di Ibukota Amerika untuk menghormati polisi yang tewas.

Satu-satunya ucapannya di depan umum mengenai pemecatan Direktur FBI muncul ketika ia bertemu dengan putra mahkota Abu Dhabi. Presiden Trump mengatakan bahwa proses untuk mencari pengganti Comey "bergerak cepat."[sp]

XS
SM
MD
LG