Tautan-tautan Akses

Trump: AS Mau Masuk Kembali ke TPP, Bila Menguntungkan


Presiden Donald Trump (kiri), berbicara dengan Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-ocha pada sesi foto pertemuan puncak Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) di Danang, Vietnam, 11 November 2017.

Presiden Amerika Donald Trump, Kamis (25/1), mengatakan, Amerika akan bergabung kembali dengan 11 negara yang tergabung dalam kesepakatan perdagangan Kemitraan Trans-Pasifik atau TPP, bila Amerika memperoleh persetujuan yang lebih menguntungkan dibanding dengan yang disepakati oleh mantan Presiden Barack Obama.

“Saya akan melakukan TPP, jika kami bisa memperoleh kesepakatan lebih baik,” kata Trump kepada CNBC di sela Forum Ekonomi Sedunia di Davos, Swiss. “Kesepakatan itu buruk; strukturnya buruk. Kalau kita bisa menghasilkan kesepakatan yang lebih baik, saya terbuka dengan TPP.”

Tetapi Trump tidak menguraikan apa kekurangan TPP itu, yang telah dirundingkan selama beberapa tahun sebelum kesepakatan dicapai pada 2016. Trump mundur dari TPP tahun lalu, tetapi tidak memberi tanda apakah Amerika sudah mendekati ke 11 negara TPP itu dan membicarakan maksud ini. [ps/jm]

XS
SM
MD
LG