Tautan-tautan Akses

AS

Trump Lepas Kapal RS dalam Perang Melawan Corona


Presiden AS Donald Trump memberi sambutan saat upacara pelepasan kapal rumah sakit USNS Comfort yang akan berlayar ke New York untuk membantu penanganan wabah virus corona, Pangkalan AL Norfolk, Virginia, 28 Maret 2020. (Foto: Reuters)

Presiden AS Donald Trump melepas sebuah kapal rumah sakit Angkatan Laut dari Norfolk, Virginia ke New York, Sabtu (28/3), untuk membantu meringankan sistem layanan kesehatan kota itu yang kewalahan menangani pandemi virus corona.

Dalam pidatonya di Virginia, Trump mengatakan Kapal USNS Comfort merupakan "pesan harapan dan solidaritas seberat 70.000 ton untuk warga New York, tempat yang saya kenal dengan baik. Tempat yang saya cintai."

"Kami ada disini untuk kalian, kami berjuang demi kalian," tambah Trump. "Kami akan selalu bersama kalian. Kalian mendapat dukungan tak terhingga dari seluruh bangsa, seluruh pemerintahan dan seluruh rakyat."

Dengan hampir 26.700 kasus yang dikonfirmasi, New York adalah pusat wabah virus corona di AS. Menurut data Universitas John Hopkins, kini AS memiliki kasus infeksi terbanyak dengan hampir 105.000 hingga Sabtu pagi (28/3).

USNS Comfort dijadwalkan tiba di New York pada Senin (30/3). USNS Comfort menyediakan hingga 1.000 tempat tidur bagi para pasien non-virus corona. Dengan demikian para petugas layanan kesehatan bisa menyediakan lebih banyak sumber daya untuk melawan virus corona yang sangat menular.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, Sabtu (28/3), mengumumkan sumbangan 250 ribu masker kepada para petugas medis di New York "yang sedang bekerja dengan berani, tanpa pamrih dan tak kenal lelah untuk merespon penyebaran COVID-19 di seluruh wilayah, dengan harapan bisa menyelamatkan nyawa."

Sementara New York berjuang mengendalikan virus, gubernur Andrew Cuomo mengatakan Sabtu (28/3) bahwa pemilihan pendahuluan 28 April di negara bagian itu akan ditunda hingga 23 Juni. [vm/ft]

XS
SM
MD
LG