Tautan-tautan Akses

AS

Trump Lakukan Kampanye untuk Sasar Pemilih Lansia


Presiden AS Donald Trump mengadakan rapat umum kampanye di Bandara Internasional Des Moines di Des Moines, Iowa, AS, 14 Oktober 2020. (Foto: Carlos Barria/REUTERS)

Presiden Trump berkampanye di Fort Myers, Florida, Jumat (16/10), sebuah negara bagian dengan populasi pemilih lansia tertinggi. Ia berpidato yang ditujukan untuk memberi kepastian bahwa dia akan melindungi mereka dari ancaman pandemi.

“Saya merasa bersyukur berada di Fort Myers untuk menegaskan janji saya kepada para lansia Amerika,” kata Trump. “Saya akan melindungi Anda, saya akan membela Anda, dan saya akan berjuang untuk Anda dengan semua tenaga dan keyakinan saya.”

Trump berpidato di dalam ruangan, beberapa dari hadirin tidak menjaga jarak sosial dan banyak yang tidak mengenakan masker.

Warga lansia usia 65 atau lebih merupakan 23 persen dari pemilih Amerika pada 2020. Pada 2016 Trump memenangkan kelompok usia ini dengan selisih 9 persen dari Hillary Clinton, tetapi jajak pendapat terbaru menunjukkan kandidat Demokrat Joe Biden memimpin dengan selisih cukup besar.

Sebuah survei oleh NBC dan Wall Street Journal memperoleh temuan, 62 persen responden usia 65 atau lebih mendukung Biden, dibandingkan hanya 35 persen yang mendukung Trump.

Presiden kehilangan dukungan para lansia di banyak negara bagian, demikian menurut Whit Ayres dari North Star Research. Ahli strategi Partai Republik ini menilai hal ini disebabkan oleh usaha Trump untuk mengecilkan makna dan dampak dari Covid-19, sebuah pandemi yang paling mengancam orang usia lanjut. [jm/pp]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG