Tautan-tautan Akses

AS

Trump Kunjungi Daerah Terdampak Badai Laura di Louisiana dan Texas


Presiden Donald Trump meninjau sejumlah daerah yang rusak akibat Badai Laura, di Lake Charles, Louisiana, Sabtu, 29 Agustus 2020. (Foto: Reuters)

Presiden Donald Trump, Sabtu (29/8), berkeliling ke daerah di Louisiana dan Texas yang hancur akibat badai Laura. Penduduk di sana mengalami pemadaman listrik dan kesulitan air bersih karena aliran terputus, sementara upaya pembersihan terus berlangsung di tengah cuaca yang panas dan lembab.

“Satu hal yang saya ketahui tentang negara bagian ini, pembangunan kembali berlangsung cepat disini,” kata Trump kepada rombongan, termasuk Gubernur Louisiana John Bel Edwards, anggota kongres, dan pejabat badan federal. Tidak ada penduduk daerah itu yang hadir.

Empat belas orang tewas ketika badai kategori 4 menghancurkan daerah itu pada Kamis (27/8) pagi. Lebih dari setengah para korban tewas karena menghirup karbon monoksida akibat salah menggunakan generator listrik.

Trump tiba di Lake Charles, Louisiana, kota yang mengalami kerusakan paling berat akibat hantaman Badai Laura. Menurut Dinas Kesehatan Louisiana lebih dari 220 ribu penduduk di Lake Charles tidak punya akses ke layanan air bersih.

Wali Kota Lake Charles Nic Hunter mengatakan, pusat pengolahan air rusak oleh badai dan memperingatkan dia belum bisa menetapkan kapan listrik akan pulih.

Trump juga berkunjung ke Orange, Texas, kota yang bersebelahan dan berpenduduk sekitar 18 ribu orang serta ekonominya bergantung pada industri kimia.

Sehari sebelum kunjungannya untuk meninjau kerusakan, Trump menerbitkan sebuah deklarasi bencana untuk Louisiana, sebuah langkah yang memungkinkan dana federal dikucurkan untuk kelima parish atau daerah setingkat kabupaten, yang berada di jalur badai Laura.

Setelah serikat pekerja listrik memuji hampir 20 ribu pekerja jaringan listrik, Jumat (28/8), yang bergabung dalam usaha pemulihan daerah yang terkena badai ini, kandidat Demokrat, Joe Biden, mengirim cuitan, “pada saat-saat krisis yang terbaik diperlihatkan oleh warga Amerika, dan hal itu kita saksikan sekarang pasca badai Laura.”

“Terima kasih kepada semua penanggap darurat kita yang bekerja siang malam untuk membantu penduduk bisa kembali ke kehidupan yang normal,” imbuh Biden. [jm/ft]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG