Tautan-tautan Akses

AS

Badai Laura Melemah Setelah Mendarat di Louisiana


Sebuah mobil melewati jalanan yang terendam banjir di dekat Vermilion Bay akibat Badai Laura yang bergerak mendekati Abbeville, Louisiana, AS, 26 Agustus 2020.

Badai Laura melemah sedikit setelah mendarat Kamis pagi di negara bagian Louisiana sebagai badai kategori 4.

Pusat Badai Nasional menyatakan Laura kini membawa angin berkecepatan maksimum 195 kilometer per jam, menjadikannya sebagai kategori 3 pada skala 5 level yang mengukur potensi kekuatan dan kerusakan yang ditimbulkan suatu badai.

Badai Laura Kamis pagi (27/8) mendarat di kota pesisir Cameron, Louisiana, sekitar 86 kilometer sebelah selatan Lake Charles.

Badai ini memicu gelombang tinggi yang membahayakan, banjir bandang dan angin sangat kencang sewaktu mendarat pertama kali. Tetapi para peramal cuaca kini menyatakan Laura akan melemah dengan cepat dalam perjalanannya ke arah utara melintasi Louisiana pada hari Kamis, menjadi badai tropis pada siang hari.

Badai ini terus mengarah ke kota Lake Charles dengan kecepatan 24 kilometer per jam, tetapi gelombang yang ditimbulkan badai dan peringatan mengenai badai tropis serta pemantauan badai di beberapa bagian di Texas dan Louisiana telah dihentikan.

Laura masih diperkirakan akan membasahi beberapa bagian selatan AS dengan hujan lebat sementara bergerak ke pedalaman dan melemah.

Tetapi para peramal cuaca menyatakan Laura akan kembali menguat menjadi badai tropis sewaktu bergerak ke kawasan Atlantik yang hangat pada awal pekan depan dan mengancam bagian timur laut AS. Laura menewaskan 24 orang di Republik Dominika dan Haiti sewaktu menghantam kawasan tersebut awal pekan ini. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG