Tautan-tautan Akses

AS

Trump: Kinerja AS ‘Baik' dalam Pembuatan Vaksin Covid-19


CEO Fujifilm Diosynth Biotechnologies Martin Meeson (kanan) berbincang dengan Presiden Donald Trump saat kunjungan di Bioprocess Innovation Center milik Fujifilm Diosynth Biotechnologies, 27 Juli 2020, di Morrisville, N.C.

Presiden Donald Trump mengatakan kinerja Amerika "baik" dalam membuat vaksin virus corona sementara laboratorium di North Carolina mulai membuat bakal vaksin pada Senin (27/7).

Trump mengunjungi fasilitas di luar kota Raleigh itu, yang akan mulai memproduksi vaksin untuk uji klinis sampai sebanyak 30 ribu subyek pada musim gugur ini. Virus corona menyebabkan Covid-19.

Fujifilm Diosynth memproduksi vaksin untuk Novavax, perusahaan di Gaithersburg, Maryland, yang mengembangkan vaksin tersebut. Perusahaan itu mendapat $1,6 miliar dari pemerintah federal sebagai bagian dari upaya mempercepat pengembangan vaksin virus corona.

Pemerintah Trump meluncurkan apa yang disebut Operation Warp Speed, program di mana beberapa vaksin virus corona dikembangkan secara bersamaan dengan harapan memiliki 300 juta dosis yang aman dan efektif yang siap pada Januari.

Sementara Trump berada di North Carolina, Wakil Presiden Mike Pence berada di Miami, di mana uji klinis vaksin lain yang dikembangkan bersama oleh National Institutes of Health dan Moderna Inc. dimulai pada Senin (27/7).

Gedung Putih mengandalkan keberhasilan pengembangan vaksin guna mengatasi kritik bahwa upaya Trump memerangi virus corona sebagian besar telah gagal dan presiden tampaknya tidak peduli pada keseriusan Covid-19 sementara jumlah kasus baru di Amerika terus bertambah. Namun beberapa ahli kesehatan mengatakan perlu bertahun-tahun sampai vaksin yang aman dan efektif untuk melawan penyakit bisa berhasil dibuat.[ka/pp]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG